AMPUTASI RIBA! GAYA NEKAD PENGUSAHA DARI ACEH KEMBALI KE TITIK NOL.., Share Via FB @saptuari - Mata Laki

AMPUTASI RIBA! GAYA NEKAD PENGUSAHA DARI ACEH KEMBALI KE TITIK NOL.., Share Via FB @saptuari

AMPUTASI RIBA! GAYA NEKAD PENGUSAHA DARI ACEH KEMBALI KE TITIK NOL..
"Mas Saptu, pesawat saya jam 2 pulang ke Banda Aceh. Saya harus ketemu mas Saptu pagi ini.." Begitu isi WA yang saya terima kemarin.
Pak Amir Faisal, kawan lama saya sejak 2009. Pengusaha AZ Komputer di Banda Aceh, dulu pernah bermitra dengan usaha saya. Ketika itu saya berkunjung ke Aceh diajak berkeliling Banda Aceh menyusuri jejak tsunami hingga ke pantai Lampu'uk dan pantai Loknga.
Ketika kemarin bertemu wajahnya langsung cengengesan sambil membawa dua buku saya, pasti mau curhat soal riba nih hehe..
"Waaah.. Kisah-kisah di buku ini persis yang saya alami mas!" Nah bener kan, datang langsung nerocos!
"Saya amputasi mas! Dua tahun lalu saya ikut kajian di Masjid Aceh membahas soal riba. Baru saya sadar kalo saya ternyata sudah lama terjerat riba tanpa saya menyadarinya. Saya tinggal di propinsi yang menjalankan syariat islam tapi riba merajalela. Yang namanya kredit, leasing, asuransi, semua ditawarkan dan saya ambil. Pantas selama ini saya merasa gak dapat berkahnya, bisnis jalan tapi gak pernah ada sisa! Kerja keras sebulan penuh tapi gak pernah bisa nabung.. Saking stresnya waktu itu saya ditelpon bank untuk mengingatkan jumlah tagihan, padahal belum jatuh tempo, saya bentak-bentak orangnya ditelpon.. Gak nyaman banget pokoknya!"
Amputasi gimana tuh pak?
"Semua ruko, mesin-mesin printing, apapun yang saya beli dengan akad riba saya jual mas! Rugi jelas.. Cuman saya takut kalo baca Al Baqarah 278-279 itu, tinggalkan atau ALLAH memerangimu! Ketika saya merasa tidak berkah di usaha saya ngapain juga saya tunda-tunda? Saya ikut DALIL, bukan cari DALIH buat alasan... "
Wow! Padahal ketika saya dulu ke Aceh melihat tokonya yang ramai, stocknya banyak, punya mesin printing plotter juga. Gila juga kalo diludeskan semua..
"Usaha-usaha saya yang lain itu jarang bikin betah karyawan, gaji sudah saya kasih UMR tapi pada keluar, bahkan ada yang nipu saya. Gimana mau berkembang kalo energi saya habis buat ngurusi cicilan dan keluar masuk karyawan"
Mmmm... Itu pasti yang dialami semua pengusaha yang masih terjerat utang, pikiran gak bakal fokus, apalagi utang riba.. Ketika keberkahan dari ALLAH tidak datang maka kesulitan yang akan terus menghantam.
"Kartu kredit sudah saya potong juga, padahal dulu sering saya pakai buat belanja grosir komputer, asuransi sekeluarga saya tutup mas.. Rugi 60 juta, istri saya dulu keberatan, tapi setelah saya jelaskan ancaman ALLAH akhirnya dia setuju, kami mencari keberkahan saja, hidup juga cuman sementara, takut saya diadili di akherat nanti.."
Usaha komputer skala besar tentu bisa menyuplai lembaga pemerintah, peluang masih terbuka kan pak?
"Naaaah itulah mas.. Mana ada proyek pemerintah tapi mereka gak minta jatah! Datang mereka ketempat saya, misal budjed 5 juta/komputer, mereka minta pas ditagihan 5,5 juta. Yang 500ribu untuk mereka kali jumlah komputer. Wah itu saya dah nolak yang begituan mas, gak ada berkahnya.. Mending saya jualan ke konsumen langsung daripada membantu orang korupsi gitu.. "
Wiiidiiih.. Kalo ada pengadaan 100 komputer, uang yang dikorupsi bisa 50 juta sendiri yaa... Bahkan bisa lebih tuh!
"Saya sudah sebulan di Jogja mas, berlatih teknik memperbaiki komputer dan laptop, sebulan ngekost, nyuci baju sendiri hehe, biar saya nguasai ilmunya gak ditipu karyawan lagi. Saya mulai lagi dari nol, Tersisa 8 karyawan di toko saya, sekarang saya sudah lepas dari semua utang riba. Dah terasa enteng pikiran.. Insya Allah bisa bangkit lagi!"
Saya berikan tanda tangan di buku yang dibawanya, mengajaknya nengkleng sampai puas untuk bekal perut hingga sampai Banda Aceh malam nanti. Ikut terharu jika tau kisah kawan lama dalam perjuangannya jatuh bangun dalam membangun usaha. Tapi yang saya yakin, janji ALLAH itu pasti benar...
"Barangsiapa berhijrah di jalan ALLAH, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak.." [QS An Nisa:100]
Salam,
@Saptuari

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AMPUTASI RIBA! GAYA NEKAD PENGUSAHA DARI ACEH KEMBALI KE TITIK NOL.., Share Via FB @saptuari"

Posting Komentar