Akhlak Di Medsos, Share Via Group WA TerFavorit - Mata Laki

Akhlak Di Medsos, Share Via Group WA TerFavorit

AKHLAQ DI MEDSOS

"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik. (HR. Ahmad)

Dari Anas -semoga Allah meridhoinya- dia berkata : Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda : "Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak, dan akhlak Islami adalah rasa malu." (HR. Ibnu Majah)

"Sesungguhnya Allah Maha Pemurah menyukai kedermawanan dan akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah/hina. (HR. Bukhori, HR Muslim)

Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya. (HR. Ahmad)

"Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah ia yang memiliki akhlak terbaik. Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya kepada pasangannya." (Hadits riwayat Tirmidzi)

10 ETIKA UMUM

1.Muraqabah

Etika pertama yakni merasa selalu diawasi oleh Allah. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Jika kamu menampakkan sesuatu atau menyembunyikannya, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. Al-Ahzab: 54).

2.Hisab
Ingatlah selalu bahwa ada hisab atau perhitungan atas setiap apa yang kita lakukan, meski seberat dzarrah. "Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat Dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya. Barangsiapa mengerjakan kejahatan sebesar Dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya." (QS. Az-Zalzalah: 7-8).

3.Istifadah

Yakni menggunakan sarana yang ada untuk diambil manfaatnya. Jika media sosial bermanfaat bagi kehidupan kita, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkannya. Namun jika medsos justru membawa lebih banyak kerugian daripada manfaatnya, maka etika seorang muslim pastilah menghentikan aktivitas tersebut. Rasulullah bersabda, "Di antara tanda baiknya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat baginya." (HR. At Tirmidzi).

4.Bertanggung jawab

Menggunakan medsos berarti kita bertanggung jawab atas semua yang diposting ke publik, termasuk saat follow, share, Iike, retweet, repost, comment dan lain sebagainya. Seorang muslim beretika baik akan berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu atau menanggapi sesuatu. "Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati akan diminta pertanggung jawabannya." (QS. Al-Isra': 36)

5.Menjaga batasan pergaulan

Batasan ini terkhusus pada hubungan antara pria dan wanita. Meski tidak bertatapan langsung, medsos mampu membawa jerat-jerat penyakit hati di setiap interaksi lawan jenis. Maka batasilah interaksi dengan lawan jenis yang bukan mahram dan yang tak ada keperluan penting dengannya.

6.Memperhatikan pertemanan

Berteman di medsos mestilah mempertimbangkan kebaikan dengan timbangan ilmu syar'i. Jangan Bermudah-mudahan mengikuti status seseorang yang tak jelas kebaikannya. Ibnu Mas'ud pernah memberikan nasihat, "Jika engkau sekedar menjadi pengikut kebaikan, maka itu lebih baik daripada engkau menjadi panutan dalam kejelekan." (Kitab Al Ibanah).

7.Wasilah

Etika muslim berikutnya yakni menjadikan medsos sebagai penghantar atau sarana atau wasilah kepada kebaikan. Artinya, manfaatkanlah medsos untuk menebar kebaikan. Sebagai contoh, memposting ayat-ayat Al-Qur'an, hadits, kata mutiara para shahabat Rasulullah, permasalahan agama dan lain sebagainya.

8.Tidak lalai

Inilah yang sering luput jika sudah asyik bermain medsos. Kita mudah terlalaikan hingga waktu yang berhaga terbuang begitu saja.

9.Mengumpulkan kebaikan

Etika muslim dalam bermedia sosial dengan menjadikannya sebagai sarana pengumpul ilmu dan kebaikan. Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang memberi teladan dalam agama ini suatu kebaikan, maka baginya pahala setiap orang yang mengamalkannya hingga hari Kiamat tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun."

10.Ikhlas

Selalu menjaga keikhlasan menjadi salah satu etika yang harus dilakukan muslimin saat bermedia sosial. Termasuk didalamnya agar tidak memposting sesuatu dengan maksud ria. Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang mampu merahasiakan amal salehnya, maka hendaknya ia lakukan." (HR. Al Khatib)

Ibnu Rajab pernah berkata, "Tidaklah seseorang yang ingin dilihat itu mencari perhatian makhluk. Akan tetapi mereka melakukannya akibat kejahilan (kebodohan) diri akan keagungan Sang Khalik."

Akhlak Bermedsos (WA, personal or group) 

1. Ucapkan salam ketika akan memulai percakapan lewat jalur japri 

2. Jika belum mengenal atau masuk dalam contact-nya, sebutkan siapa diri kita. 

3. Sampaikan maksud dan tujuan kita secara jelas. Jangan berbelit-belit. 

4. Jika termasuk teman (akrab), namun memperhatikan batasan-batasan sekiranya hendak bercanda. 

5. Respon atau jawab semua pesan yang masuk. Walaupun itu tidak mengenakan buat kita. Jika japri, maka japri pula. Jika di grup, maka di grup pula. 

6. Aturan umum di grup: 
Hindari Penyebaran SARA, Pornografi dan Aksi Kekerasan
Kroscek Kebenaran Berita
Menghargai Hasil Karya Orang Lain
Jangan Terlalu Mengumbar Informasi Pribadi

7. Jika bercanda di grup, dan kita melemparkan joke, dan menyinggung orang lain, seberapa pun niat kita hanya sekadar bercanda, segeralah meminta maaf. 

8. Jika urusannya serius, jangan hanya meminta maaf di grup atau lewat japri saja. Tapi hendaklah temui orangnya, terutama jika bisa dijangkau (satu daerah).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akhlak Di Medsos, Share Via Group WA TerFavorit"

Post a Comment