Bangunlah dan Bersihkan Masjid-Masjid, Share Via Group WA TerFavorit - Mata Laki

Bangunlah dan Bersihkan Masjid-Masjid, Share Via Group WA TerFavorit

Ada beberapa amalan-amalan yang bisa meraih kenikmatan yang ada dalam surga. Rasulullah SAW. bersabda :

عَنْ أَبِي قَرْصَافَةَ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  اُبْنُوْ الْمَسَاجِدَ وَأَخْرَجُوْ الْقُمَامَةَ مِنْهَا، فَمَنْ بَنَى الِلّٰهِ بَيْتًا بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ، وَإِخْرَاجُ الْقُمَامَةِ مِنْهَا مُهُوْرُ الْحُوْرِ الْعِيْنِ

Dari Abi Qarshah berkata, Rasulullah SAW. bersabda : Bangunlah masjid-masjid, dan *keluarkanlah kotoran yang ada di dalamnya* barangsiapa yang medirikan sebuah bangunan (masjid) karena Allah, maka _*ia akan dibuatkan oleh Allah bangunan di Surga*_. Dan mengeluarkan kotoran yang ada dalam masjid merupakan mas kawinnya para bidadari.

Hadits ini mengandung 2 pesan, yakni kita sebagai umat muslim diperintahkan oleh Rasulullah saw. untuk mendirikan masjid dengan tujuan mengharap RidhaNya, yang mana masjid tersebut berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para muslim untuk menjalankan berbagai ibadah, mendekatkan diri kepada Allah. baik itu dengan shalat, khataman al-qur'an, dzikir, mendalami ilmu agama dan lain sebagainya. Dan bagi siapa saja yang mau mendirikan masjid, Rasulullah saw. menjaminankan baginya suatu rumah yang ada di surga kelak, dengan luas 10 kali lipatnya masjid yang didirikan tersebut. Hal ini sesuai dengan apa yang sudah difirmankan oelh Allah SWT :

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عِشْرُ أَمْثَالِهَا…

Artinya : "Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya…" (QS. Al An'am 160)

Pesan yang selanjutnya yaitu kita sebagai umat islam diperintahkan untuk *membersihkan kotoran-kotoran atau debu-debu yang berserakan di masjid*. Baik itu yang ada di lantai, dinding, maupun atap, dengan cara menyapu, mengepel, dan lain sebagainya. Bagi kita, pekerjaan tersebut merupakan suatu pekerjaan yang cukup ringan, akan tetapi balasannya di akhirat sungguh luar biasa.

Rasulullah berpesan, mereka yang mau meluangkan waktunya untuk sekedar kerja *membersihkan masjid*, kelak akan mendapatkan mas kawin untuk "menikah" dengan bidadari-bidadari di surga, yang oleh Allah dianugerahi mata yang lebar serta bola mata yang  tajam. Al Munawi menambahkan, bahkan Allah menyediakan satu bidadari untuk setiap aktifitas bersih-bersihnya. Dan semakin banyak waktu yang dia habiskan untuk membersihkan masjid, semakin banyak pula dia memperoleh bidadari di Surga, sebaliknya, semakin jarang ia menghabiskan waktunya untuk membersihkan masjid, maka semakin sedikit pula ia memperoleh bidadari di Surga.

*Dikutip dari berbagai Refrensi* :

Faidhul Qodiir syarh Jami'us Shaghir, karya Al-MunawiAt-Tanwiir syarh Jami'us Shaghir, karya Muhammad bin Isma'il As-Shan'aniHasyiyah Sanusiyah, karya Ibrahim Al-Baijuri

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangunlah dan Bersihkan Masjid-Masjid, Share Via Group WA TerFavorit"

Post a Comment