Beberapa Hal Yang Dianggap Sebagai Pembatal Puasa Yang Layak Dikritisi | Mata Laki Beberapa Hal Yang Dianggap Sebagai Pembatal Puasa Yang Layak Dikritisi | Mata Laki

Beberapa Hal Yang Dianggap Sebagai Pembatal Puasa Yang Layak Dikritisi

👤 Ustadz Firanda Andirja
======
🔘 Beberapa hal yang dianggap masyarakat sebagai pembatal puasa yang layak dikritisi adalah
• Menangis
• Berkumur
• Menelan ludah
• Membersihkan lubang telinga
.
▶️ InsyaaAllah pada kesempatan ini, akan kita bahas masing-masing,
.
(1) MENANGIS
Kami tidak menjumpai satupun dalil yang menunjukkan bahwa nangis bisa membatalkan puasa. Baik dalil yang menunjukkan makna tegas maupun isyarat. Terlebih, nangis tidak identik dengan menelan air mata, sehingga tidak bisa dihukumi sama dengan minum.
.
(2) BERKUMUR
Yang menjadi pembatal puasa adalah makan, minum atau yang semakna dengannya. Dan kita sepakat, berkumur tidak termasuk makan atau minum. Karena itu, berkumur bukan pembatal.
.
Ibnu Qudamah menegaskan, ulama sepakat, berkumur tidak membatalkan puasa. Beliau mengatakan, "Berkumur tidak membatalkan puasa tanpa ada perselisihan, baik ketika wudhu maupun di luar wudhu." (Al-Mughni, 3/123).
.
(3) MENELAN LUDAH
Ibnu Qudamah memberikan rincian tentang masalah ini,
.
وما لا يمكن التحرز منه، كابتلاع الريق لا يفطره، لأن اتقاء ذلك يشق، فأشبه غبار الطريق، وغربلة الدقيق .
.
"Sesuatu yang tidak mungkin dihindari ketika puasa, seperti menelan ludah, tidak membatalkan puasa. Karena menghindari semacam ini sangat memberatkan. Kasusnya sebagaimana debu jalanan atau tebaran tepung".(Al-Mughni: 3/122)
.
Hal senada juga disampaikan Sayyid Sabiq. ketika membahas tentang hal-hal yang dibolehkan bagi orang yang berpuasa, beliau mengatakan, "Demikian pula, dibolehkan untuk menelan benda-benda yang tidak mungkin bisa dihindari. Seperti menelan ludah, debu-debu jalanan, taburan tepung, atau dedak" (Fiqh Sunnah, 1/462).
.
(4) MEMBERSIHKAN LUBANG TELINGA
Kami tidak tahu, dari mana masyarakat bisa menyimpulkan hal ini, membersihkan lubang telinga atau korek-korek hidung bisa membatalkan puasa. Jelas ini adalah salah paham yang akan sangat sulit dicari pembenarannya. Jika alasannya adalah memasukkan satu benda ke badan, ini tidak bisa diterima. Karena tidak semua bentuk memasukkan benda ke badan bisa dihukumi makan atau minum.
.
.

0 Response to "Beberapa Hal Yang Dianggap Sebagai Pembatal Puasa Yang Layak Dikritisi"

Posting Komentar