DOA UNTUK SANG PEMIMPIN - Mata Laki

DOA UNTUK SANG PEMIMPIN


Dalam islam pemimpin dan perannya sangat diperhatikan. Bahkan doa terbaik sudah selayaknya ditujukan kepada pemimpin, tidak sedikit negeri yang makmur dan sejahtera karena diberikan anugrah pemimpin yang baik serta memiliki agama yang kuat.

Dari 'Abdush Shomad bin Yazid Al Baghdadiy, ia berkata bahwa ia pernah mendengar Fudhail bin 'Iyadh berkata,
"Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, aku akan tujukan doa tersebut pada pemimpinku." Ada yang bertanya pada Fudhail, "Kenapa bisa begitu?" Ia menjawab, "Jika aku tujukan doa tersebut pada diriku saja, maka itu hanya bermanfaat untukku. Namun jika aku tujukan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik." (Hilyatul Auliya' karya Abu Nu'aim Al Ashfahaniy, 8: 77, Darul Ihya' At Turots Al 'Iroqiy)

Apa pun yang terjadi nanti, maka tetaplah taat pada pemimpin tersebut. "Kemaslahatan umum lebih didahulukan daripada kemaslahatan pribadi." (Al-Muwafaqot 6: 123 karya Asy Syathibi)

Tugas kita adalah berdoa meminta kebaikan untuk pemimpin negeri ini. Dengan do'a, sangat mungkin Allah akan merubah keadaan seorang pemimpin dari buruk menjadi baik dan justru mendatangkan maslahat yang besar di kemudian hari. 
Sebagaimana tanpa do'a, sangat mungkin Allah akan merubah keadaan seorang pemimpin yang kita idolakan dan harapkan, justru menjadi lebih buruk serta mendatangkan mudarat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOA UNTUK SANG PEMIMPIN"

Posting Komentar