Jangan Tidur ! Sebelum Lakukan Sunnah Seperti Ini - Mata Laki

Jangan Tidur ! Sebelum Lakukan Sunnah Seperti Ini


Diantara sunnah yang diajarkan Rasulullah sebelun tidur ialah mengibas tempat tidur tersebut dengan kain (bisa juga dengan sapu lidi) sebagaimana sabda beliau,

"Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, 'bismillaah,' karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi."

(HR. Al-Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050)

Dalam Syarah Shahih Muslim diterangkan, bahwa seseorang hendaknya mengibaskan kasurnya sebelum tidur, baik dengan tangan, sapu lidi, kain sarung atau sejenisnya. Mengibas sebanyak tiga kali, sebagaimana tertuang dalam Fathul Barri. Tidak lupa pula membacakan asma Allah bersama kibasannya.

Kalimat Bismillah menjadi yang penting, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah riwayat Imam Muslim. Bagi orang yang bangkit dari tidurnya dan kemudian kembali lagi, berdasar pada hadist riwayat Tirmidzi, maka hendaknya ia kembali mengibas kasurnya lagi.

Sekurang-kurangnya ada 3 faedah dari hadits ini :

Yg pertama tentunya untuk mengusir serangga yang mungkin berbahaya atau akan mengganggu kenyamanan tidur kita.

Yg kedua menghilangkan kuman penyakit yang hinggap di kasur, bantal, selimut dan guling yang kita gunakan. Para Ilmuwan mengungkapkan bahwa setiap orang tidur di atas kasur, ada sel-sel mati di tubuhnya yang berjatuhan di kasur dan pada saat seseorang itu terjaga dari tidurnya sel-sel tersebut tinggal di kasur. Ketika orang tersebut kembali tidur namun tidak terlebih dahulu membersihkan kasur yang akan ditempati, kemungkinan besar ada kuman tak terlihat yang memakan sel-sel mati tersebut di atas kasur, selimut, dan bantal yang kita gunakan. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengibas atas kasur terlebih dahulu untuk memastikan kuman tersebut hilang.

Yg ketiga untuk mengusir syaitan/jin yang mungkin tidur di kasur itu sebagimana,

"Tidak ada satu kasur pun yg tergelar di dalam suatu rumah yg tidak ditiduri oleh manusia, kecuali SETAN AKAN TIDUR DI ATAS KASUR ITU…" (Akamul Marjan fi ahkamil Jaan hal.150)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Tidur ! Sebelum Lakukan Sunnah Seperti Ini"

Posting Komentar