ORANG CERDAS BUKANLAH ORANG YANG MINUM T***K A***N, TETAPI ORANG YANG SERING MENGINGAT KEMATIAN - Mata Laki

ORANG CERDAS BUKANLAH ORANG YANG MINUM T***K A***N, TETAPI ORANG YANG SERING MENGINGAT KEMATIAN


Orang cerdas adalah orang yang tahu persis tujuan hidupnya. Kemudian mempersiapkan diri sebaik-baiknya demi tujuan tersebut. Maka, jika akhir kesempatan bagi manusia untuk beramal adalah kematian, mengapa orang-orang yang cerdas tidak mempersiapkannya?

Ibnu Umar radhiyallaahu 'anhuma berkata, "Suatu hari aku duduk bersama Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang lelaki dari kalangan Anshar, kemudian ia mengucapkan salam kepada Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam dan bertanya, 'Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang paling utama?'

.Rasulullah menjawab, 'Yang paling baik akhlaqnya'. Kemudian ia bertanya lagi, 'Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?'. Beliau menjawab, 'Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.' (HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy. Syaikh Al Albaniy dalam Shahih Ibnu Majah 2/419 berkata : hadits hasan)

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu beliau berkata, "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Perbanyaklah mengingat pemutus segala kelezatan', yaitu kematian. (HR. At Tirmidzi, Syaikh Al Albaniy dalam Shahih An Nasa'iy 2/393 berkata : "hadits hasan shahih") Syaikh Salim bin 'Ied Al Hilaly hafizhahullah menjelaskan perihal hadits di atas, "Dianjurkan bagi setiap muslim, baik yang sehat maupun yang sedang sakit, untuk mengingat kematian dengan hati dan lisannya. Kemudian memperbanyak hal tersebut, karena dzikrul maut (mengingat mati) dapat menghalangi dari berbuat maksiat, dan mendorong untuk berbuat ketaatan. Hal ini dikarenakan kematian merupakan pemutus kelezatan.

Mengingat kematian juga akan melapangkan hati di kala sempit, dan mempersempit hati di kala lapang. Oleh karena itu, dianjurkan untuk senantiasa dan terus menerus mengingat kematian."

Wallahu alam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ORANG CERDAS BUKANLAH ORANG YANG MINUM T***K A***N, TETAPI ORANG YANG SERING MENGINGAT KEMATIAN"

Posting Komentar