SEMPURNAKANLAH WUDHU-MU - Mata Laki

SEMPURNAKANLAH WUDHU-MU


Bismillahirrahmanirrahiim

Wudhu merupakan syarat syahnya shalat, jadi apalah arti shalat kalau tidak berwudhu, Allah Azza Wajalla tentu tidak akan merima daripada shalat itu. 

Bagi sebagian orang , wudhu memang sering dilakukan sambil lalu saja. Pokoknya kalau muka, rambut, lengan, dan kaki sudah basah, maka bereslah! Tak perduli benar atau salah, apalagi sah atau tidaknya. Mengapa ya....?

Mungkin karena kita tidak mengingat bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah menganjurkan untuk menghadirkan fadhilah (keutamaan) wudhu di dalam hati. 

Begini sabdanya;
"Barang siapa yang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya kemudian shalat, niscaya diampuni dosa yabg dia lakukan antara shalat itu dan shalat sebelumnya."(HR Ahmad dan Ibnu Khuzaimah).

Jadi, wudhu itu memiliki makna lahir dan bahtin. Secara lahir, wudhu berarti membersihkan badan dan seluruh anggota badan. Sedangkan secara batin, wudhu berarti membersihkan hati dari segala kotoran dosa dan kemaksiatan dengan cara bertaubat. Oleh karenanya, Allah menyandingkan taubat dengan bersuci.

"Sungguh, Allah menyukai orang yang bertaubat dan menyucikan diri ( QS. Al-Baqarah: 222)

Tahukan engkau, bahwa biasanya Rasulullah SAW mengambil air wudhu untuk setiap kali shalat, walau terkadang menunaikan beberapa shalat dengan sekali wudhu. Muslim, Abu Daud, dan Nasa'i meriwayatkan bahwa Nabi SAW. pernah shalat pada hari penaklukan Mekkah dengan sekali wudhu dan mengusap sepatunya. Kemudian Umar berkata, "Sesungguhnya engkau pada hari ini telah melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan.

Nabi SAW menjawab, "Aku sengaja melakukannya, wahai Umar".

Terkadang beliau berwudhu dengan air satu mudd ( ukuran berat 625 gram), kadang dua pertiganya, dan kadang lebih banyak. Disinilah Rasulullah SAW memperingatkan agar tidak berlebihan dalam bersuci.

"Sesungguhnya didalam umat ini ada orang-orang yang berlebih- lebihan dalam bersuci dan berdoa."(GR Ahmad dan Abu Dawud).

Mungkin anda tidak menyadari bila setiap bagian anggota wudhu akan menjadi saksi diakhirat kelak. Lebih dari itu, anggota- anggota wudhu yang telah disucikan td akan dikenali pada hari kiamat sehingga Allah akan membimbing kita kepada-Nya. Bulir- bulirnya menjadi perhiasan,yang keindahannya tak tergmbarkan.

Sesungguhnya perhiasaan itu banyaknya hingga anggota tubuh yang terkenak wudhu."(HR.Ibnu Khuzaimah dan Muslim).

MasyaaAllah....tidakkah engkau tergiur untuk mendapatkannya?

Rasulullah SAW pernah menziarahi perkuburan kaum muslimin, kemudian beliau memberi salam kepada penghuni kubur dengan ucapan, " Salam sejahtera atas penghuni kubur kaum muslimin dan sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah" Kemudian beliau bersabda, "Aku ingin sekali melihat saudara-saudaraku."

Para sahabat berkata, "Bukankah kami ini saudara-saudaramu ya Rasulullah"

Beliau SAW menjawab, "Kalian ini adalah  para sahabatku, sedangkan saudara-saudaraku adalah orang-orang yang belum ada saat ini. Lalu bagaimana pendapat kalian seandainya ada seorang memiliki seekor kuda yang berwarna putih di antara sekian kuda yang berwarna hitam, apakah ia tidak mengenalinya?"

Para sahabat menjawab, " Tentu ia mengenalinya, ya Rasulullah."

Beliau berkata, "Demikian juga aku mengenali mereka nanti datang dengan penampilan putih bersih berseri dan itu karena bekas air wudhu mereka. Aku akan membawa mereka ketelagaku dan ketaguilah bahwa sesungguhnya akan ada orang-orang yang ditolak untuk mendekati telagaku, sebagaimana tidak kembalinya seekor unta yang sudah lama hilang. Kemudian aku panggil mereka (yang ditolak untuk mendekati telagaku), Hai saudara-saudaraku, kemarilah!' Kemudian ada yang memberitahukanku bahwa mereka itu telah melakukan hal-hal yang baru (bid'ah ) sesudah wafatku. Kemudian aku katakan, 'kalaulah begitu menjauhlah........menjauhlah ( dari telagaku)." (HR. Khuzaimah dan Muslim).

Lihat saudaraku, tidak inginkah engkau menjadi orang- orang yang dapat memasuki telaga dari pada Rasulullah SAW. Maka dari itu saudaraku, mari kita perhatikan wudhu kita, jaga dan pelihara wudhu kita. Mudah-mudahan Allah Azza Wajalla memasukan kita ke dalam jannah-Nya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEMPURNAKANLAH WUDHU-MU"

Posting Komentar