TIPS MENEMUKAN JODOH TERBAIK MENURUT ALLAH DAN RASULULLAH - Mata Laki

TIPS MENEMUKAN JODOH TERBAIK MENURUT ALLAH DAN RASULULLAH



Rezeki, jodoh dan kematian merupakan sebuah rahasia dan hanya Allah lah yang mengetahuinya.

Mendapatkan jodoh yang baik merupakan dambaan setiap orang, lalu apa yang dapat menjadi indikator atau acuan untuk kita mencari pasangan yang baik ?

Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam bersabda : "Seorang perempuan biasanya dinikahi karena empat perkara: Harta, nasab, kecantikan dan agamanya. Maka utamakan memilih wanita yang beragama, kamu akan merugi (bila tidak memilihnya)." (HR. Bukhori)

Hadits tersebut memang merujuk untuk para muslim yang mencari muslimah sebagai jodohnya. Namun banyak ulama yang berpendapat jika hadits tersebut juga berlaku untuk para muslimah yang mencari jodohnya.

Walaupun harta, nasab, dan rupa adalah 3 teratas yang disebut dalam hadits di atas, semuanya tak berarti apa-apa jika agama seseorang itu buruk. Karena itu, yang terbaik tentunya yang memiliki agama yang kuat sehingga bisa membimbing satu sama lain hidup di jalan Allah. 

Akhlak yang baik merupakan cermin seseorang yang shalih. Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Apabila datang kepadamu (untuk meminang) yaitu seseorang yang kamu telah rela terhadap agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah (anak perempuanmu) dengannya, apabila tidak, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan yang meluas di muka bumi." (HR Tirmidzi)

Hadits tersebut jelas menerangkan Rasulullah mengutamakan akhlak seseorang dalam kriteria memilih jodoh. Akhlak di sini juga termasuk masalah bertanggungjawab dan sifat-sifat baik lainnya.

Selain itu Allah malarang wanita muslimah menikah dengan seorang lelaki yang tidak seiman.

Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.(Q.S Al - Baqarah : 221)

Bagaimana cara mendapatkan jodoh dalam Islam?
Pertanyaan ini tentunya sering kali muncul dalam benak kita. Untuk kamu yang belum mendapatkan jodoh, berikut usaha-usaha yang bisa kamu lakukan.

1. Berdoa

Jangan pernah putus asa dalam berdoa. Berdoa setelah sholat dan melaksanakan amalan-amalan sunnah akan membantu seseorang bertemu dengan jodohnya. Allah sangat menyukai hambaNya yang berdoa, karena saat berdoa, seseorang akan berada sangat dekat dengan Allah. Jangan hanya meminta untuk didekatkan dengan jodoh, tapi juga memohon dipertemukan dengan jodoh terbaik menurut Allah.

2. Berbakti Pada Orang Tua

Ridha Allah ada di dalam ridha kedua orang tua. Periksalah kembali hubungan kita dengan orang tua. Apakah kita sudah menjadi anak yang berbakti pada keduanya? Jika belum, berbaktilah dan meminta maaflah. InsyaAllah orang tua meridhai.

3. Rajin Bersilaturrahmi

Memperbaiki hubungan silaturrahmi kita dengan sanak saudara, kerabat, dan teman adalah salah satu cara untuk menemukan jodoh kita. Dalam hadits sudah disebutkan jika silaturrahmi melancarkan rezeki, termasuk urusan jodoh. Selain itu, dalam bersilaturrahmi, kita bisa menyambung kembali kedekatan yang sempat renggang atau saling memaafkan jika ada kesalahan.

4. Memantaskan Diri

Jodoh kita merupakan cermin diri kita. Sibukkanlah diri kita dengan perbuatan-perbuatan yang baik demi bertemu dengan jodoh yang baik juga. Allah berfirman,

" Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik."

(QS. An Nur : 26)

5. Membaca Petunjuk Allah

Sering kali, kita tak sadar jika Allah sebenarnya sudah menunjukkan tanda-tanda untuk bisa bertemu dengan jodoh kita. Karena itu, setelah berusaha menyambung silaturrahmi, memantaskan diri, dan juga berdoa siang dan malam, luruskan niat dan ikuti petunjuk yang Allah berikan. Ketika sudah nampak tanda-tanda itu, sebaiknya kita tak menutup diri. Karena sesungguhnya, yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut Allah. Pasrahkanlah dan selalu meminta petunjuk Allah.

Jadi untuk sahabat muslimah yang belum menikah, semoga dipertemukan dengan jodoh terbaik menurut Allah, ya!

SEMOGA BERMAMFAAT🙏

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENEMUKAN JODOH TERBAIK MENURUT ALLAH DAN RASULULLAH"

Posting Komentar