SIFAT MANUSIA YANG TIDAK PERNAH MERASA PUAS DENGAN HARTA - Mata Laki

SIFAT MANUSIA YANG TIDAK PERNAH MERASA PUAS DENGAN HARTA



Bismillah
.
Inilah sifat manusia, tidak pernah merasa puas dengan harta. 

⏩Buktinya adalah hadits berikut: 
.
Dari Ibnu 'Abbas, ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
.
لَوْ كَانَ لاِبْنِ آدَمَ وَادِيَانِ مِنْ مَالٍ لاَبْتَغَى ثَالِثًا ، وَلاَ يَمْلأُ جَوْفَ ابْنِ آدَمَ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ
.
"Seandainya manusia diberi dua lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan lembah yang ketiga. Yang bisa memenuhi dalam perut manusia hanyalah tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat." 
(HR. Bukhari no. 6436)

Beberapa faedah dari hadits di atas:

↪️Pertama: 

Manusia begitu tamak dalam memperbanyak harta. Manusia tidak pernah merasa puas dan merasa cukup dengan apa yang ada.

↪️Kedua: 

Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, "Perut manusia tidaklah akan penuh melainkan dengan tanah", maksudnya: Tatkala manusia mati, perutnya ketika dalam kubur akan dipenuhi dengan tanah. Perutnya akan merasa cukup dengan tanah tersebut hingga ia pun kelak akan menjadi serbuk. (Syarh Ibnu Batthol)

↪️Ketiga: 

Hadits ini adalah celaan bagi orang yang terlalu tamak dengan dunia dan tujuannya hanya ingin memperbanyak harta. Oleh karenanya, para ulama begitu qona'ah dan selalu merasa cukup dengan harta yang mereka peroleh. (Syarh Ibnu Batthol)

↪️Keempat: 

Hadits ini adalah anjuran untuk zuhud pada dunia. Yang namanya zuhud pada dunia adalah meninggalkan segala sesuatu yang melalaikan dari Allah. (Keterangan Ibnu Rajab dalam Jaami'ul Ulum wal Hikam)

↪️Kelima: 

Manusia akan diberi cobaan melalui harta. Ada yang bersyukur dengan yang diberi. Ada pula yang tidak pernah merasa puas.

🍣🍣dunia adalah kesenangan yg menipu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SIFAT MANUSIA YANG TIDAK PERNAH MERASA PUAS DENGAN HARTA"

Posting Komentar