HAI PARA LAKI-LAKI, NIKAHILAH WANITA YANG BAIK AGAMANYA - Mata Laki

HAI PARA LAKI-LAKI, NIKAHILAH WANITA YANG BAIK AGAMANYA


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhh... 
.

Seorang anak yang rusak masih bisa menjadi baik asal ia pernah mendapatkan pengasuhan seorang ibu yang baik. Sebaliknya, seorang ibu yang rusak akhlaknya, hanya akan melahirkan generasi yang rusak pula akhlaknya, Itulah mengapa Rasulullah Bersabda bahwa sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang sholehah.

Mengapa wanita sholehah? Bkn perhiasan permata atau belian yg terbaik menjadi perhiasan?

Salah satu alasannya mengapa pentingnya wanita sholehah adalah mengenai dampak kerusakan anak akan amat tergantung dari kerusakan ibu yang mendidiknya. karena ibu adalah madrasah pertama seorang anak, Sehingga baik dan buruknya seorang anak bisa di awali bagaimana cara sang ibu mendidiknya, Jika ibu mampu mendidik dan menjadi tauladan yg baik buat anak-anaknya maka sang anak juga dpt di pastikan kelak menjadi generasi yg baik, begitu jg sebaliknya jika sang ibu tidak mendidik dan menjadi teladan yg baik bagi anak-anaknya maka bisa di pastikan pula sang anak akan tumbuh menjadi generasi yg fasiq, liberal dan jauh dari nilai2 ajaran islam.

Dan tak hanya cukup sampai di situ saja, para laki2 hendaknya juga dalam mencari calon istri bukan hanya sekedar mencari rupa dan fisiknya saja, Tp hendaknya jg memperhatikan bagaimana ilmu agama dan kesholehan calon istrinya, sebab memiliki istri yg sudah rusak dari awalnya, maka ia pun hanya akan melahirkan sebuah keturunan yang memiliki kepribadian persis dengan wanita yang dipinangnya. Karena sifat alami anak akan banyak mengimitasi perilaku sang ibu dan mendapat peluang transferisasi sifat alami ibu kepada anaknya.

Oleh karena itu sebelum laki2 menikah terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan demi terciptanya kebahagiaan kehidupan setelah menikah. Salah satunya perkara memilih jodoh agar tidak sembarangan.

Dan mengenai calon pasangan yg di ajurkan untuk dinikahi, Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam telah memberikan arahan bagaimana kriterianya.

Al Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:.

"Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung."[HR. Al-Bukhari (no. 5090) kitab an-Nikaah, Muslim (no. 1466) kitab ar-Radhaa', Abu Dawud (no. 2046) kitab an-Nikaah, an-Nasa-i (no. 3230) kitab an-Nikaah, Ibnu Majah (no. 1858) kitab an-Nikaah, dan Ahmad (no. 9237).

Dalam hadist di atas Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam menyebutkan bahwa wanita dinikahi karena 4 hal, namun yang sangat di ajurkan adalah yang taat agamanya, Hal ini sebagaimana pula hadits rasulullah shalallahu'alaihi wasallam yg lain.

Dari 'Abdullah bin 'Amr secara marfu', ia mengatakan: "Jangan menikahi wanita karena kecantikannya, karena bisa jadi kecantikannya itu akan memburukkannya; dan jangan menikahi wanita karena hartanya, bisa jadi hartanya membuatnya melampui batas. Tetapi, nikahilah wanita atas perkara agamanya. Sungguh hamba sahaya wanita yang sebagian hidungnya terpotong lagi berkulit hitam tapi taat beragama adalah lebih baik."[HR. Ibnu Majah (no. 1859) kitab an-Nikaah]

Ibnu Majah meriwayatkan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda:.

"Seorang mukmin tidak mengambil manfaat sesudah takwa kepada Allah, yang lebih baik dibandingkan wanita yang shalihah: Jika memerintahnya, ia mentaatinya; jika memandang kepadanya, ia membuatnya senang; jika bersumpah terhadapnya, ia memenuhi sumpahnya; jika bepergian meninggalkannya, maka ia tulus kepadanya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya."[HR. Ibnu Majah  (no. 3095).

Imam Ahmad meriwayatkan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam:

"Kebahagiaan manusia ada tiga: Wanita yang shalihah, tempat tinggal yang baik, dan kendaraan yang baik. Sedangkan ke-sengsaraan manusia ialah: Wanita yang buruk (perangainya), tempat tinggal yang buruk, dan kendaraan yang buruk."[HR. Ahmad (I/168) dengan sanad yang shahih]

Demikian, semoga hal ini dapat menjadikan renungan sekaligus motivasi bagi laki2 agar selektif dalam memilih calon pendampingnya, dan untuk wanita agar menyiapkan dirinya untuk menjadi wanita yg sholehah.
_______

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HAI PARA LAKI-LAKI, NIKAHILAH WANITA YANG BAIK AGAMANYA"

Posting Komentar